- Kehadiran media baru (new media) seperti Internet, i-Phone, i-Pod, i-Pad, radio satelit memunculkan sebuah generasi yang berbeda dalam mengomsumsi informasi.
- Perubahan media tradisional : koran, majalah, tabloid, buku, dsb new media : Internet (i-News, e-book, online social media, blog, dsb), handphone (Blackberry,i-Phone, dsb), i-Pod, i-Pad, dsb.
- Generasi paper (kertas) generasi paperless (meminimkan/mengurangi pemakaian kertas) atau generasi multimedia.
- Media tradisional khususnya media cetak tengah menghadapi dilema berat.
- Di negara-negara Asia yang mayoritas penduduknya akrab dengan teknologi tinggi seperti Jepang & Korea Selatan, kekhawatiran bahwa media cetak akan ditinggalkan mulai terasa.
- Di Indonesia dan India, media Internet belum mengancam dominasi media cetak.
- Tingkat akses terhadap Internet di Indonesia & India tergolong masih rendah.
- Indonesia: 25 juta atau 11 persen dari populasi penduduk berjumkah 228 juta orang.
Fakta:
- Semakin banyaknya situs-situs berita baru (selain detik.com, kompas.com, tempointeraktif): Vivanews, Okezone, Yahoo News, dsb.
- e-Paper: Kompas, Koran Tempo, dsb.
- Pertumbuhan jumlah pengguna Internet (User) makin tinggi, baik di Indonesia dan dunia.
- Fakta ini menyiratkan bahwa di masa depan new media akan semakin berperan, dengan partisipasi masyarakat yang semakin besar
- Perubahan media tradisional : koran, majalah, tabloid, buku, dsb new media : Internet (i-News, e-book, online social media, blog, dsb), handphone (Blackberry,i-Phone, dsb), i-Pod, i-Pad, dsb.
- Generasi paper (kertas) generasi paperless (meminimkan/mengurangi pemakaian kertas) atau generasi multimedia.
- Media tradisional khususnya media cetak tengah menghadapi dilema berat.
- Di negara-negara Asia yang mayoritas penduduknya akrab dengan teknologi tinggi seperti Jepang & Korea Selatan, kekhawatiran bahwa media cetak akan ditinggalkan mulai terasa.
- Di Indonesia dan India, media Internet belum mengancam dominasi media cetak.
- Tingkat akses terhadap Internet di Indonesia & India tergolong masih rendah.
- Indonesia: 25 juta atau 11 persen dari populasi penduduk berjumkah 228 juta orang.
Fakta:
- Semakin banyaknya situs-situs berita baru (selain detik.com, kompas.com, tempointeraktif): Vivanews, Okezone, Yahoo News, dsb.
- e-Paper: Kompas, Koran Tempo, dsb.
- Pertumbuhan jumlah pengguna Internet (User) makin tinggi, baik di Indonesia dan dunia.
- Fakta ini menyiratkan bahwa di masa depan new media akan semakin berperan, dengan partisipasi masyarakat yang semakin besar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar